Kenali Jenis Ayam DOC Max389 Untuk Kebutuhan Ternak

Ketika anda ingin beternak tentunya ada beberapa hal yang harus di persiapkan salah satunya adalah memilih bibit max389 yang berkualitas. Mengapa hal tersebut harus di lakukan? Sebab faktor utama supaya peternakan dapat berhasil adalah dengan menentukan pemilihan dari jenis ayam DOC yang akan di pelihara nantinya.

daftar slot max389

Umumnya untuk bibit ayam yang memiliki kualitas unggul tentunya Anda harus memilih yang tidak ada cacat pada tubuhnya max389 slot, berasal dari induk berkualitas, sehat, lincah dan masih banyak hal lain yang harus di perhatikan dalam pemilihan bibit ayam.

Apa Itu Ayam DOC Max389

DOC atau Day Old Chicken, merupakan ayam yang baru menetas dan berumur satu hari max389 daftar slot. Adanya DOC akan menjadi  salah satu kunci sukses bagi para peternak ayam baik pemula ataupun yang telah lama menggeluti bidang ini. Anda tentunya harus memilih anak ayam yang unggul atau berkualitas baik.

Dalam pemeliharaan dan perawatannya apabila Anda ingin DOC yang di rawat tersebut tumbuh dengan baik maka pemberian pakan juga yang harus di perhatikan max389 link daftar slot. Biasanya doc bisa di panen ketika sudah memasuki usia 5-6 bulan dengan bobot kurang lebih 1 – 1,5 kg

Jenis Ayam DOC

Tentunya sebagai seorang peternak ayam max389 situs slot terbaik, baik pemula atau yang sudah lama melakoni bidang peternakan harus mengetahui jenis ayam DOC, agar dapat menentukan akan menggunakan bibit ayam yang mana. Anda dapat menyesuaikannya dengan anggaran yang di miliki :

● Super (Grade 1)

Ayam DOC yang pertama adalah Grade 1, bibit terbaik yang mempunyai berat lebih dari 40 gr. Untuk jenis ini, biasanya di peroleh dari pabrik dengan harga jual tinggi, sebab memang DOC ini memiliki kualitas terbaik.

● Grade 2

Berikutnya adalah Grade 2 atau KW 2, untuk DOC ini merupakan sortiran terbaik setelah Grade 1. Bobotnya rata-rata kurang dari 40 gr, kualitas tentu tidak sebaik KW 1, namun bukan berarti buruk. Hanya saja pembagian dan pemilihannya memang tidak serumit KW 1, karena dari keduanya hanya di bedakan dari segi ukuran/ berat tubuhnya saja.

● Polos (Grade 3)  

Jenis ayam DOC yang ketiga adalah Grade 3 atau polos. Jenis ini merupakan sortiran dari KW 2. Untuk kualitas, memang grade ini ada pada tingkat terbawah dan mempunyai ukuran yang lebih kecil bila di bandi ngkan dengan 1 dan 2. Selain itu, terkadang juga ada sedi kit cacat pada tubuhnya, hal tersebutlah yang membuat Grade 3 harganya murah.

● Cobb

Jenis DOC selanjutnya adalah Cobb, strain ini sangat populer di kembangbiakan di  60 negara lebih. Karena kepopulerannya inilah semakin banyak orang yang tertarik untuk membudi dayakannya. Strain Cobb sengaja di ciptakan agar dapat memperbaiki FCR atau rasio dalam pemberian pakan dan di fokuskan kepengembangan genetik,

Dalam pengembangan Cobb memang lebih pada pembentukan daging di  bagian dada. Lalu, membuat Cobb mudah beradaptasi di  kawasan tropis. Jenis ini juga memiliki ukuran paha dan dada lebih besar di bandi ng jenis lain. Kebanyakan Cobb memiliki warna hitam dan kuning.

● Ross

Berikutnya ada Strain Ross. Jenis DOC ini di fokuskan pada kekuatan tulang khususnya kaki, karena memang ayam jenis ini mempunyai perawakan yang lebih besar di bandi ng jenis lainnya. Sehingga bila tulang kakinya tidak kuat, maka di khawatirkan bisa patah atau cacat.

Strain Ross merupakan persilangan antara Cornish dan ras lain yang asalnya dari Inggris. Ross juga di kembangkan supaya mempunyai FCR efisien, seperti Cobb. Karakteristiknya yang bisa cepat tumbuh dan daya tahan tubuh yang baik, tentu sangan menguntungkan para peternak.

● Hybro

Jenis DOC ayam yang terakhir adalah Strain Hybro. DOC ini memang di khususkan untuk penghasil karkas, karena tujuannya untuk mengembangkan genetik yang daya hidup jauh lebih baik untuk di kembangkan di  daerah tropis. Jadi , jika Anda ingin mencari bibit ayam yang kuat dan daya tahan tubuhnya baik, maka Hybro adalah pilihan tepat.

Demikian tadi  jenis ayam DOC yang banyak di budi dayakan serta mudah di temukan. Dalam perkembangannya, sudah banyak penternak yang mulai mengembangbiakan jenis lainnya yang lebih mampu bertahan. Tidak mudah sakit dan lain sebagainya. Sebab, bila ayam-ayam ini menjadi  lebih sehat, pastinya usaha peternakan ayam di  Indonesia akan lebih baik lagi.

Comments are closed.